Wednesday, July 5, 2017

Sistem Informasi Monitoring Power Meter

sistem-informasi-monitoring-power-meter

Sistem informasi monitoring power meter ini berbasis web based dan dihosting dengan menggunakan server lokal agar bisa diakses oleh user disemua jaringan lokal atau intranet yang ada dilokasi. Sistem informasi ini didevelop dengan menggunakan php framework yii 1.16. Nah kebetulan ini merupakan project gabungan dengan teman team saya dimana dia menggunakan program tray yang didevelop menggunakan vb.net 2010 sebagai media komunikasi antara hardware powermeter dengan server database mysql. Fungsi dari sistem informasi ini adalah menampilkan data yang dicapture dari power meter. Banyak parameter yang dicatat dalam aplikasi powermeter ini, seperti arus, tegangan, dan suhu. Karena fungsi dari hardware dari powermeter ini mengawasi jalannya keseluruhan mesin yang ada. Apabila ada kurang atau kelebihan beban pada mesin maka dari sistem aplikasi yang dibuat akan memunculkan warning kepada user. Sehingga dari warning tersebut bisa langsung dilakukan eksekusi atau perbaikan. Agar bisa dilakukan pencegahan kerusakan pada mesin produksi.

Berikut akan dijelaskan beberapa fitur yang ada dalam aplikasi sistem informasi monitoring power meter ini :

1. View table data dengan filter parameter dan posisi pada masing-masing power meter.
Fungsi dari tabel ini adalah untuk memonitor data parameter pada masing-masing power meter yang ada dilokasi. Data yang tampil pada tabel adalah data realtime dari power meter.
sistem-informasi-monitoring-power-meter-all

2. View Single Line dengan filter parameter dan posisi pada masing-masing power meter.
fungsi dari view tabel ini adalah untuk memonitor data parameter single line pada masing-masing power meter. Data yang tampil pada tabel ini adalah data realtime posisi power meter pada saat itu.
sistem-informasi-monitoring-power-meter-single-line

3. View History data parameter, dengan kriteria tertentu, posisi power meter, dan pada tanggal tertentu. Fungsi dari view ini adalah berupa grafik misalkan yang kita monitoring adalah arus pada power meter x tanggal tertentu maka akan ditampilkan data rata-rata perjam arus. Dari sini kita bisa memantau data arus dengan data grafik apakah naik atau turun.
sistem-informasi-monitoring-power-meter-history

4. View History compare dengan power meter lain dengan filter seperti tipe grafik, kriteria pemantauan, dan tanggal filter. Fungsi dari view history ini adalah membandingkan data antara power meter yang 1 dengan power meter yang lain.
sistem-informasi-monitoring-power-meter-history-compare

5. View Diagram Dengan posisi power meter di Peta. Fungsi dari view ini adalah untuk melihat posisi power meter dimana dan statusnya. Jika tanda bulat pada peta berwarna hijau maka posisi power meter pada saat itu adalah menyala. Apabila bewarna merah maka posisi power meter adalah mati.
sistem-informasi-monitoring-power-meter-peta
6. View Diagram dengan posisi power meter dengan line. Fungsi dari view ini adalah untuk melihat line mana saja pada power meter yang nyala ataupun yang mati. Jika tanda bula pada gambar diagram adalah bewarna hijau maka line ini menyala, begitu sebaliknya jika bewarna merah maka kondisi line pada saat itu adalah mati.
sistem-informasi-monitoring-power-meter-line
7. Tabel View adalah view data kesemua power meter pada tanggal tertentu dan kriteria tertentu.
sistem-informasi-monitoring-power-meter-tabel-view



EmoticonEmoticon