Tuesday, June 27, 2017

Sistem Informasi Trayek dan Perbengkelan

sistem-informasi-trayek-dan-perbengkelan

Sistem informasi ini adalah sistem informasi yang saya develop ketika belajar lebih dalam tentang PHP. Sistem informasi trayek dan perbengkelan ini saya develop dengan menggunakan Framework yii 1.16 dan sudah mengakomodir konsep model, view, controller. Kebetulan Sistem informasi trayek dan perbengkelan ini berjalan dan dipakai hingga artikel ini saya tulis di perusahaan Otobus Akas N1 di triwung, probolinggo. Gambaran dari sistem informasi ini mencakup beberapa modul. Modul tersebut antara lain Setoran, pengeluaran harian, pendapatan harian, kepegawaian, gudang, dan bengkel.



Modul Setoran

Gambaran dari modul setoran adalah sebagai berikut, pemberangkatan bus yang mencatat nopol, crew bus yang berangkat, karcis yang dibawa, tanggal jam trayek pemberangkatan. Kemudian menerima setoran dari bus yang berangkat tadi, dengan pembagian persentasi pendapatan bersih yang sudah dipotong biaya bbm atau solar dengan pengeluaran lain selama crew berjalan dilapangan. Hasil output dari modul setoran ini adalah berupa laporan pendapatan permasing-masing nopol bus yang jalan pada hari itu. Hasil dari inputan user ini nantinya menyambung dengan modul pendapatan harian.

Modul Pengeluaran

Modul pengeluaran harian mencatat pengeluaran harian PO pada tanggal tertentu. Pengeluaran ini mencakup antara lain operasional sehari-hari, pembelian untuk sparepart secara tunai, dan biaya pengeluaran lain-lain. Untuk kategori biaya ini bisa diinput secara sistem sehingga kategori pengeluaran bisa sesuai dengan keinginan user atau yang bisa disebut dengan input kategori pengeluaran secara dinamis.

Modul Pendapatan

Untuk modul pendapatan harian untuk uraian gambaran modulnya adalah sebagai berikut. Kategori pendapatan yang dinamis sesuai dengan inputan user. Data pendapatan setoran juga dipakai dalam laporan pendapatan harian ini. Fungsi dari modul ini adalah mencatat pendapatan lain-lain diluar setoran bus seperti DP uang wisata, uang jaminan dari Crew, pelunasan uang untuk bus pariwisata.

Modul Kepegawaian

Berikutnya adalah penjelasan secara umum gambaran dari modul kepegawaian. Modul ini memiliki fungsi pencatatan data kepegawaian yang meliputi jabatan, departemen, data pegawai hingga history mutasi pegawai tersebut. Pencatatan data penggajian untuk setiap minggunya, tetapi untuk periode penggajian bisa diset secara dinamis. Pada saat develop aplikasi untuk data absensi karyawan masih dimasukkan secara manual dari database finger print yang ada. Kemungkinan untuk ke depannya akan dilakukan penarikan data secara otomatis dari database finger print.

Modul Gudang

Gambaran secara umum dari modul ini adalah sebagai berikut. Pencatatan untuk pembelian dan penerimaan untuk sparepart bus. Pencatatan hutang kepada supplier jika pembelian sparepart dilakukan secara non tunai. Pengeluaran sparepart berdasarkan surat permintaan barang dari bengkel. Stok Opname masing-masing sparepart tiap bulan. Lokasi penempatan sparepart berdasarkan kode yang telah ditetapkan sebelumnya.

Modul Bengkel

Modul bengkel ini memiliki gambaran umum seperti laporan pencatatan kerusakan dari bus. Penjadwalan perbaikan kerusakan pada bus dengan detail tukang dan sparepart yang dipakai pada saat perbaikan. Status bus mulai dari rusak, masuk ke bengkel, status perbaikan, dan bisa jalan. Output laporan dari modul ini bisa digunakan oleh pimpinan atau manager untuk mengambil keputusan seperti bus yang sering mengalami kerusakan, kinerja tukang dalam mengerjakan bus, sparepart apa yang sering dipakai dalam perbaikan.


EmoticonEmoticon