Wednesday, June 28, 2017

Sistem Informasi Penjadwalan Bus Pariwisata

sistem-informasi-penjadwalan-bus-pariwisata

Sistem informasi ini didevelop menggunakan PHP karena basis aplikasinya berbasis website agar bisa diakses disemua cabang kantor. Sistem informasi penjadwalan bus pariwisata ini menggunakan Framework Yii 1.16 dan saya kerjakan sendiri selama 3 minggu. Mulai dari proses user requirement, design sistem, design databasenya, proses pengerjaan aplikasinya hingga implementasi dilapangan pun semua saya kerjakan sendiri. Gambaran umum dari sistem informasi ini mencakup seluruh transaksi mulai dari pemesanan bus hingga bus itu jalan melayani konsumen. Proses yang ada dalam sistem informasi penjadwalan bus pariwisata ini mencakup 3 proses besar yaitu order bus dengan tanggal tertentu, pelunasan order, dan bus itu jalan melayani konsumen.

Proses order pada sistem ini menggunakan sebuah inputan form yang menangani pencatatan penyewa dengan dibantu detail identitas penyewa, tanggal berangkat, tanggal kembali dan tujuan penyewa mau kemana. Dari proses itu dihasilkan total biaya sewa yang harus dibayar oleh penyewa. Tidak lupa juga pada saat proses order muncul detail jumlah bus dan nopolnya yang akan melayani penyewa pada tanggal yang sudah disepakati sebelumnya. Penyewa harus membayar besaran minimal DP sesuai dengan standart dari perusahaan, dan harus melunasi maksimal 1 minggu sebelum tanggal keberangkatan.

Setelah melakukan order diharapkan pihak penyewa melakukan konfirmasi yaitu berupa pelunasan ataupun pembatalan maksimal 1 minggu dari tanggal keberangkatan. Apabila pihak penyewa tidak melakukan konfirmasi pelunasan kepada pihak PO maka dianggap status sewa tadi dibatalkan otomatis secara sistem. Penyewa yang melakukan proses pelunasan akan mendapatkan tanda bukti pelunasan yang dikeluarkan oleh sistem. Nominal pelunasan ini sesuai dengan jumlah nominal order bus diawal order dikurangi dengan nominal DP. Ketika user melakukan pelunasan selain mendapatkan tanda bukti pelunasan pihak penyewa juga mendapatkan kontak no telp/handphone crew bus yang berangkat. Sehingga pada hari H Crew tidak datang tepat pada waktu keberangkatan pihak penyewa bisa menghubungi Crew bersangkutan.

Bus jalan melayani konsumen sesuai dengan tanggal perjanjian order awal dan tujuan yang sudah disepakati antara pihak PO dan pihak penyewa. Crew bus mendapatkan bukti uang saku dari perusahaan dengan beberap rincian yaitu uang untuk solar, uang untuk saku supir dan kernet, dan beberapa potongan klaim apabila crew yang jalan memiliki tanggungan pada perusahaan. Untuk biaya lain-lain seperti Tol, parkir ditanggung oleh pihak penyewa dan bukan merupakan tanggungan perusahaan ataupun Crew yang bertugas melayani pihak penyewa.

Output dari sistem informasi penjadwalan bus pariwisata ini berupa jadwal masing-masing nopol bus dalam 1 bulan. Laporan DP, pelunasan, uang saku Crew berdasarkan beberapa filter yang ada pada form masing-masing laporan. Perusahaan pun bisa melakukan penarikan kesimpulan berapa total omset bersih yang didapatkan selama masing-masing nopol jalan. Dan mungkin ada tambahan beberapa fitur tujuan rekreasi mana aja yang sering dikunjungi penyewa, nopol bus yang menjadi idola para penyewa, dan biaya solar pada masing-masing tujuan pariwisata. Diharapkan dengan adanya sistem informasi pihak perusahaan bisa mengawasi proses sewa menyewa pada masing-masing cabang. Karena cabang untuk bus pariwisata tersebar di beberapa kota terutama dijawa timur.


EmoticonEmoticon