Saturday, June 10, 2017

5 Hal yang harus dipersiapkan sebelum Resign

Tags



5-hal-yang-harus-dipersiapkan-sebelum-resign

Bagi teman-teman yang bekerja ataupun menjadi seorang pegawai pasti pernah mendengar tentang istilah resign. Resign mempunyai makna yaitu mengundurkan diri dari pekerjaan yang sedang digeluti atau yang sedang dijalani. Tentunya hal ini bisa menjadi sebuah batu loncatan yang bagus apabila anda mempunyai kesempatan gemilang setelah anda resign dari pekerjaan sebelumnya. Tapi hal ini akan menjadi momok juga apabila anda mengalami kegagalan karena tidak mendapatkan kesempatan kedua setelah melakukan resign dari pekerjaan sebelumnya. Oleh karena itu berikut akan saya bagikan tips 5 hal yang harus dipersiapkan sebelum resign atau mengundurkan diri dari pekerjaan anda. 5 tips ini sudah saya terapkan dibeberapa kesempatan ketika saya resign dari beberapa tempat pekerjaan yang dulu pernah mempekerjakan saya.

1. Kemauan dan tekad untuk resign

Untuk melakukan resign anda harus memiliki kemauan dan tekad yang kuat. anda harus memiliki dorongan yang kuat kenapa harus resign dari tempat kerja yang sebelumnya. Karena tanpa dorongan yang kuat, anda hanya akan menjadi beban bagi keluarga terutama (ayah, ibu, istri, bahkan anak) jika anda hanya resign asal-asalan. Jadikan kemauan dan tekad tersebut sebagai dorongan motivasi yang kuat untuk membahagiakan keluarga anda tadi dengan jalan resign untuk mencari tempat dan kesempatan baru yang lebih baik.

2. Mental baja untuk menghadapi cemoohan dari teman rekan kerja ataupun tetangga

Kenapa harus mempunyai mental baja, seperti padangan kebanyakan orang rekan kerja biasanya menggangap rendah dan remeh temannya yang resign. Mereka beranggapan rekan kerja yang resign adalah rekan kerja yang lemah dan tidak bisa diandalkan. Bagi anda yang hidup diperkampungan, tetangga memandang rendah status orang yang sering keluar masuk perusahaan/resign. Orang yang resign dan penggangguran biasanya menjadi bahan cemoohan dari tetangga sekitar. Mereka kebanyakan beranggapan bahwa orang yang sering keluar masuk perusahaan biasanya ogah untuk bekerja. Padahal kenyataannya tidak, malah orang yang sering resign biasanya mencari tempat pekerjaan yang lebih baik.

3. Skill dan pengalaman yang mumpuni

Kemampuan skill dan pengalaman yang baik serta mumpuni bisa dipakai dalam mencari tempat kerja yang baru ataupun mencari pekerjaan freelance. Terlebih lagi anda memiliki jaringan yang luas hal ini bisa dimanfaatkan secara maksimal ketika anda resign dari tempat kerja yang lama. Bagi anda yang memiliki skill dibidang tertentu, bisa mengandalkan kerjaan freelance. Anda bisa mengerjakannya dirumah ataupun ketika anda masih bekerja ditempat kerja yang tetap.

4. Persiapkan batu loncatan berikutnya

Apa maksud batu loncatan berikutnya? yang jelas jika anda masih lajang ataupun sudah berkeluarga pastinya tidak ingin kan, tidak memiliki income setelah anda resign. Iya setelah anda resign pastinya anda tidak memiliki penghasilan tetap jika anda tidak mempersiapkan batu pijakan berikutnya. Saya pernah mengalaminya 3 kali bahkan setelah resign tidak memiliki income sama sekali. Uang tabungan menipis dan saya pun bingung apa yang harus saya lakukan. Oleh karena itu sebelum anda resign persiapkan batu loncatan berikutnya biasanya berupa tempat pekerjaan yang lebih baik dari tempat sebelumnya atau bisa berupa usaha sampingan. Untuk tempat kerja yang baru usahakan besaran gajinya adalah bisa 2 kali gaji dari gaji lama anda ataupun min sama plus (1/2 * gaji pokok lama anda). Jika anda memiliki usaha sampingan income minimal bisa (3/4 * gaji pokok lama anda).

5. Siap mental dan usaha yang maksimal ditempat yang baru  

Ketika anda sudah diterima ditempat yang baru, tentunya sesuai dengan harapan anda. Siapkan mental tahan banting dan usahakan bekerja secara maksimal. Tunjukkan pada atasan bahwa anda adalah orang yang layak bekerja ditempat kerja yang baru. Buat jaringan yang luas dengan rekan kerja anda, terlebih menjadi orang yang bisa dipercaya oleh atasan anda. Kenapa demikian ? biasanya orang baru dianggap sebelah mata oleh rekan kerjanya. Mereka biasanya beranggapan ah anak baru masak mungkin bisa nyaingin senior. Oleh karena itu sebagai anak baru tunjukkan kepada rekan kerja senior bahwa anda mampu dan bisa lebih hebat daripada mereka.

Demikian beberapa ulasan 5 hal yang harus dilakukan sebelum anda resign. Jadi ketika resign dari tempat kerja yang lama anda bisa memiliki pondasi yang kuat. Karena apa berada ditempat kerja yang baru bisa menjadi momok ataupun bisa menjadi sebuah tempat kerja baru yang nyaman daripada tempat kerja lama. Apabila saat ini anda belum memiliki usaha sampingan ataupun tabungan yang cukup saya menyarankan sebaiknya anda berpikir ulang 2 kali sebelum melakukan resign dari tempat kerja yang lama.

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon